Kamis, 14 Januari 2016

Tough Love

Judul: Tough Love
Penulis: Ollyjayzee
Penerbit: Elexmedia Computindo
Cetakan: Pertama
Jumlah Halaman: 280 halaman
Tahun Terbit: 2015
ISBN: 9786020277226
Genre: Fiksi, Contemporary Romance, Metropop
Format: Paperback
"Karena itu membina sebuah hubungan itu nggak bisa hanya mengandalkan letupan perasaan sesaat menunggu ketemu lawan yang bikin klik, dan segala omong kosong dengan jatuh cinta pada pandangan pertama"
-Berlyn-

Dan selain itu bagaimana pun setelah semua yang terjadi, lelaki itu berhak untuk bahagia dengan caranya sendiri. Entah dengan siapa saja.
-Orin-

Orin, si gadis 23 tahun yang mencintai patchworking saat ini sedang menderita rasa kecewa dan sedikit patah hati. Pasalnya Puji, cowok yang Orin sukai dan perjuangkan telah menjadi kekasih teman asramanya sendiri. 
Jika ada keinginan iseng untuk mengetahui bagaimana rasanya kalau cowok gebetan justru "jadian" dengan cewek lain, mending dipikir baik-baik deh, keinginan itu. Pait banget, gilak!
Sebenarnya sudah sewajarnya Orin merasa seperti itu, karena Orin sendiri sudah rela mengejar Puji ke pedalaman Poso sebagai aksi berusaha mendekati Puji. Orin dengan percaya diri memutuskan untuk ikut proyek yang sedang dikerjakan oleh kantornya ke pedalaman Poso. Padahal Orin sendiri tahu bahwa rata-rata orang proyek adalah laki-laki. Dan bagaimana pun ia juga bahwa riskan bagi orang selugu dirinya untuk tinggal di sana. Tapi begitulah Orin demi mengejar Puji. Oleh karenanya, wajar saja bila Orin sangat sebal pada Puji dan Sandra, si pacar baru dan teman asrama Orin. Lihat saja kelakuan Orin yang menyindir Sandra dan Puji yang sedang pacaran,
Oh itu. Aku dengar kok. Maaf ya meski aku nggak niat nguping tapi suara kalian di teras kedengaran dari sini. Risiko menempati kamar paling depan. 
Berlyn, atasan Orin, yang mengetahui bahwa Puji sudah berpacaran dengan Sandra padahal selama ini ia melihat Orin menyukainya, sangat menyayangkan kepolosan Orin. Menurut Berlyn, Puji adalah laki-laki yang tak pantas diperjuangkan.
Orin aku bilangin ya Puji itu...baik inner maupun outer-nya kagak ada beauty-beuaty-nya sama sekali! Kecuali matamu kena katarak!
Orin dan Berlyn mungkin adalah atasan dan bawahan secara status, namun lebih dari itu, jika mereka berdua bertemu pasti akan terjadi adu mulut untuk saling menggoda atau mengejek satu sama lain. Layaknya kucing dan anjing,
"Kamu bilang aku ganjen. Tapi kamu kangen sama aku!"
"Dan Pak Berlyn bilang saya bocah labil. Tapi Pak Berlyn ngaku dengan jujur kalo kangen ngerjain saya!"
"So?"
"So what? Impas, kan? Berarti kita ini sama-sama makhluk aneh!"
"Kamu yang aneh. Aku normal."
"Normal Bapak bilang? Yang merayu setiap perempuan yang Bapak temui, yang ngegodain semua makhluk berkromosom, padahal sudah punya bini di rumah yang dengan setia nungguin, ..."

Ya, Berlyn memang terkenal flamboyan dan sering menggoda bawahannya, tapi mau bagaimana lagi bawahannya yang perempuannya hanya dua orang. Satu Orin dan satu lagi Yunita. Yunita sudah berkeluarga, tinggalah Orin yang jomblo. Berlyn sebenarnya sangat perhatian terhadap bawahannya. Hanya saja ia kadang bersikap layaknya anak muda dan tak seperti bapak beranak satu. Dari sini Berlyn bertekad membuka mata Orin terhadap kemungkinan lain dari Puji. Sayangya kadang, lagi-lagi cinta bukannya datangg karena terbiasa, kan?
"Karena itu membina sebuah hubungan itu nggak bisa hanya mengandalkan letupan perasaan sesaat menunggu ketemu lawan yang bikin klik, dan segala omong kosong dengan jatuh cinta pada pandangan pertama"

Awalnya aku membaca kisah Orin dan Berlyn ini di Wattpad. Situs kepenulisan yang banyak diminati para penulis sebagai wadah mereka menyalurkan idenya juga tak jarang dari sana karya-karya penulis diterbitkan oleh penerbit. Salah satunya adalah Tough Love. Kisah Tough Love berkutat pada kehidupan cinta Orin. Sebagai tokoh wanita yang terlalu lugu dan polos untuk menyukai bukan orang yang tepat baginya. Dalam Tough Love, sosok Orin akan berkembang dalam memahami pribadinya sendiri, sehingga ia sendiri dapat merasakan dan menentukan mana orang yang benar-benar ia sukai. 
Karakter Orin sebagai gadis yang unik. Ia memiliki sifat pendiam tapi cerdas berkata, memiliki segudang perkataan balik yang tak bisa disangka apa yang bisa keluar dari mulutnya jika tokoh Berlyn menggodanya. Selain itu juga memiliki hobi patchworking dan sangat tekun dengan satu hobinya hingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Lain halnya tokoh Berlyn. Ia laki-laki berumur 33 tahun dengan perawakan tinggi karena keturunan dari neneknya yang berdarah Belanda. Berlyn ini baik, hanya saja karena terlalu seringnya Orin membuatnya gemas, ia sering dijuluki playboy oleh Orin. Di luar itu sebenarnya ia adalah laki-laki yang perhatian dan penu tanggung jawab. Ada juga tokoh Sunu, laki-laki yang tertarik pada Orin. Ia memiliki segudang kualitas yang dimimpikan oleh wanita. Menurutku, tokoh yang aku suka adalah Orin. Karena Orin terkadang mengeluarkan celetukan yang ajaib di samping Berlyn.
Chemistry antara tokoh Orin dan Berlyn sangat terasa dan saling bersambung antara keduanya. Alur dari kisah ini lambat di awal, karena banyak mengisahkan interaksi Orin dan Berlyn dan belum memunculkan banyak konflik yang merubah tokoh. Baru di pertengahan buku, muncul konflik. Karena penggunaan bahasa sehari-hari yang mengalir, aku bisa enjoy membaca buku ini. Hanya saja masih ada beberapa typo yang muncul, meski tidak terlalu kentara. 
Setting dari kisah ini kebanyakan di pedalaman Poso dan beberapa tempat di sekitarnya. Karena juga bersetting di tempat proyek, banyak istilah proyek seperti plant manager, excavator, dan dumptruck. Selain itu juga cukup banyak diceritakan pekerjaan Orin yang menyangkut bidang konstruksi. Menurutku wajar juga Orin ini terkadang dianggap rada gila karena mau saja terjun di dunia penuh dengan laki-laki dan dengan medan yang keras. Aku pernah mengalami terjun ke lapangan yang menurutku memang membuat jiper untuk menjadi satu-satunya atau salah satu perempuan kalau tidak memiliki tekad kuat. Bissa-bisa malah kabur -__-
Proses menuju ending agaknya terlalu tergesa-gesa, tapi untungnya kisah ini tidak monoton dengan tanpa perkembangan tokoh. Justeru, tokoh Orin sedikit demi sedikit mulai memunculkan sisi yang lain juga begitu dengan Berlyn. Semoga penulis mau melanjutkan kisah mereka ya^^!

Dan buat kamu yang penasaran dengan novel Tough Love, ada satu buah kopi novel Tough Love yang tersedia kalau kamu mau menjawab pertanyaan di bawah ini,
Kamu mungkin belum membaca novel ini, tapi kira-kira menurutmu apa keseruan dari novel ini? Dan kenapa aku harus memberi satu buku ini ke kamu?

Kamu boleh jawab di kolom komentar dengan menyertakan nama dan email serta link share kamu baik itu di twitter, facebook, atau Instagram. Jangan lupa untuk mention ke penulis @ollyjayzee , penerbit Elexmedia, dan @raindropsiro
Jangan lupa juga untuk jadi teman di blog ini dengan follow menggunakan google friend connect atau bloglovin. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 14-18 Januari 2016. Dan masih ada 3 blogger yang bakal bercerita juga mengenai novel ini. Hanya 4 hari, so jangan lewatkan ya!

And the winner is....

Mila Rhmatunnisa
Untuk pemenang kirim nama lengkap, alamat, dan nomor yang bisa dihubungi ke nazwa.raihan@gmail.com
Bagi yang belum beruntung, tenang saja, masih ada 3 novel Tough Love dari 3 blogger lain. Cek banner yaaa.
Sampai jumpa di kisah selanjutnya!

Keep reading for your rest of life :)
Rating 3/5

16 komentar:

  1. Nama: Hana Bilqisthi
    email : jejehana@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/hanabilqisthi/status/687462387297824769

    Aku suka premisnya: "Karena itu membina sebuah hubungan itu nggak bisa hanya mengandalkan letupan perasaan sesaat menunggu ketemu lawan yang bikin klik, dan segala omong kosong dengan jatuh cinta pada pandangan pertama"
    Selain itu, sepertinya aku akan suka karakter Orin : gadis pendiam dan cerdas.. :D
    dan latarnya di Poso, jarang2 baca cerita dengan latar poso :D

    kenapa harus kasih ke Hana? karena hana juga lagi proses move on dan kayaknya membaca buku ini akan sangat membantu (tough love: it's time to move on) :D please ya buat Hana ;)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama : Daivara Rezuki Wijaya
    Email : dairezuki@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/aulyarzky/status/687657138643054592

    Kamu mungkin belum membaca novel ini, tapi kira-kira menurutmu apa keseruan dari novel ini? Dan kenapa aku harus memberi satu buku ini ke kamu?

    Kalau menurutku secara pribadi sih dari segi tokoh dan latarnya. Mungkin cerita antara atasan dan bawahan apalagi atasannya itu 'agak playboy' udah agak awam tapi pas aku ngeliat bahwa si Berlyn ternyata punya bini di rumah:3 itu tentu menjadi tanda tanya besar XD biasanya di cerita lain kan si cowok masih muda atau nggak duda beranak 10:v tapi di sini.... BERISTRI DAN BERANAK!! 😆 bisa jadi si Orin nggak bakal jatuh cinta dengan si Berlyn atau si Orin bakal jadi PHRTO (perusak rumah tangga orang) naaah itu yang bikin menarik, kenapa si Berlyn suka menggoda Orin padahal ia sudah memiliki istri? Kenapa ga yunita? Atau emang dasar si Berlyn suka yang masih single-single unyu?:3 Aku juga single kok:) Banyak bayangan tentang novelnya tapi itu hanya imajinasi:3

    Aku gatau endingnya Orin sama si Puji atau Berlyn atau bahkan si Udin(?) Tapi yang jelas aku gamau dia sama Puji, aku gamau Orin merasakan sakit yang kurasa ketika mengetahui sesuatu yang bisa membuat hujan mendadak:3 *Ceritanya aku flashback + baper = jomblo*

    Terus latarnya juga unik, di pedalaman kota Poso. Jarang-jarang seorang penulis ingin mengambil latar yang tidak seperti novel pada umumnya. Kenapa ga di kota besar atau nggak desa yang memang biasa di pakai di dalam suatu cerita, yang menyimpan kesan romantis atau gitu lah:3 sebenarnya aku pernah ke kota Poso sekali tapi tetap saja membayangkan adegan demi adegan yang di lakukan Orin pasti lucu 😅 oh iyaa nama tokohnya juga unik, terlebih Orin. Aku langsung suka mendengar namanya, apalagi sifat yang di tunjukkan Orin di dalam novel ini (padahal cuma baca review-_-) nama dan karakter seakan menempel dengan kuat dan tokohnya seperti melekat dengan nama yang di beri oleh pengarang 😄

    Alasannya karena ada persamaan aku dan Orin di dalam kisah yang berbeda. Dia mengejar puji hingga ke pedalaman Poso, sedangkan aku mengejar Adipati Dolken hingga negeri cinaa *Ehh* engga engga, aku mengejar seseorang, sebut saja Mr X. Aku memutuskan melanjutkan sekolah di sekolah yang sama sepertinya dan akhirnya dia jadiaaaannnn samaa.......... Sahabat aku:') padahal 3 tahun ku menunggu:') kan kalau buku ini bersama aku, tentu aku akan mengajak Orin moveon dan ngegalau bareng terus aku pacarin deh si Berlyn agar si Orin kesepian sama sepertiku daahuluuuuu kaaaalaaaaaa *tuh kan ngaco.-* atau aku ke mbah dyukun sama Orin untuk ngasih pelet lele ke Mr X dan Puji? *nambah ngaco* tapi intinya sih jika kakak memberikan buku ini untukku maka aku akan menciummu dari sini 😍 (Logika matematika:v) bahagiakanlah diriku, mahasiswi stres akibat jodoh tak dapat karena di tikung nenek-nenek:') cukup jodoh yang susah di dapatkan, novelnya jangan XD


    Sekian, terima kasih:)


    Love, @aulyarzky (Rezuki at Twitter ☺️)

    BalasHapus
  4. Esti~
    Email: estiyuliastri@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/estiyuliastri/status/687812470132482049

    Kamu mungkin belum membaca novel ini, tapi kira-kira menurutmu apa keseruan dari novel ini? Dan kenapa aku harus memberi satu buku ini ke kamu?

    Menurutku keseruan di dalem novel terletak pada karakter Orin & penokohan tokoh lain yg sifatnya beraneka ragam~ tidak melulu baik dan jahat seperti tokoh novel pada umumnya.
    Seperti yg disebutkan kakak, karakter Orin mengalami pengembangan karakter, gadis pendiam namun bisa begitu kuat memperjuangkan cintanya. Tokoh utama yang mengalami pengembangan karakter memang sangat dinikmati pembaca & lebih memorable :D
    Cerita & alur di novel ini juga sepertinya tidak monoton, tokoh utama tidak hanya mengejar-ngejar cinta. Namun digambarkan pula tokoh utama dengan atasan kantornya yang memiliki chemistry & ketertarikan. Dan beberapa tokoh lain, seperti Sunu yang jatuh hati pada Orin.
    Konflik batin sangat kental terasa pada tokoh Orin, dengan berbagai macam konflik yg harus dia hadapi, mendewasakan cara pikir dia menjadi perempuan yang bisa menentukan pilihan tepat.

    Kenapa kakak harus memberi satu buku ini kepadaku? Karena aku pengen tau tips2 apa saja yg dibagikan penulis lewat tokoh Orin untuk bisa move on dari Puji, dan aku juga tertarik mengetahui pelajaran apa saja dalam buku ini yg bisa dijadikan contoh dalam mengambil keputusan~
    Jatuh cinta deh sama karakter Orin, smoga berjodoh :)

    BalasHapus
  5. nama : Emma
    Email : amrelisha@gmail.com
    link share : https://mobile.twitter.com/EmmaNoer22/status/687871401844342784?p

    wattpad adalah media yang pertama kali aku membaca buku, untuk menutup jenuh awalnya nyari cerita bagus disana dan nemuin Tough Love by Olly ini, kemudian sempet baca beberapa bab dan add akun facebook Olly, jadi kalau ditanya kenapa aku ingin dapat versi cetak cuman untuk mengobati rasa penasaran krn belum selesai baca di wattpad. Dan lagi memang aku lagi ngumpulin buku genre romanc remaja untuk koleksi, keseruan buku ini mungkin hampir sama kayak buku romanc remaja-dewasa lain yg cukup mainstream tentang cinta, orang ketiga, cinta terpendam, perselingkuhan, cemburu, dll. Tapi buku2 metropop seperti ini lah yg laris manis sekarang ini, nah krn beberapa buku ada yg di pinjam teman kerja yg cuman suka baca buku romanc. Nggak ada salahnya menambah koleksi dari author yg cukup populer di wattpad ini. :D

    BalasHapus
  6. April Silalahi | @aprlboanarges | hilda.silalahi92@gmail.com
    Link tweet: https://twitter.com/aprlboanarges/status/687931355456507904

    Sejak novel ini muncul aku penasaran akan cerita yang disuguhkan penulis. Aku belum pernah mengetahui penulis dan bagaimana penulis kalau bercerita dalam sebuah buku. Kalau aku dikasih kesempatan mungkin ini awal pertamaku kenalan dengan penulisnya :D
    Dari review yang ada, aku tambah penasaran lagi akan sosok Orin. Masih muda tapi nekat amat kepo sama urusan orang lain.
    Dan tentang qoute patah ahti yang diberikan...
    argghh ngesss banget :(
    Pasti saat aku membacanya akan teriris sendiri :')

    BalasHapus
  7. Kamu mungkin belum
    membaca novel ini, tapi
    kira-kira menurutmu apa
    keseruan dari novel ini?
    Dan kenapa aku harus
    memberi satu buku ini ke
    kamu?

    Mengapa aku harus punya buku ini. karena:

    Satu. aku tertarik untuk berkenalan dengan tokoh Orin yang polos nan lugu untuk mengenal cinta. sebenarnya sih cewek ngejar cowok sudah biasa, tapi yg lebih mengena disini adalah sisi Orin begitu nekat pergi kedaerah pedalaman demi orang yg tak pernah peka/menengoknya barang sejejap pun. dia Rela ikut serta dalam pekerjaan yg seharusnya dilakukan seorang cowok. Dia perlu di acungi dua jempol deh. Cewek pemberani dan percaya diri, aku bangga sekali padannya.

    Dua. Cinta bawahan & atasan udah 'MainStream' menurutku. tapi di novel ini penulis membuatnya lebih berkembang dan penuh warna pelangi. Dimanakah letak penuh warnanya? letaknya pada masalah yg dialami si Berlyn,atasan Orin, kalo menurut pendapatku menyimpan sebongkah perasaan sama Orin. dan paling suka intraksi keduanya saling menggoda, pasti seru! jadi semakin tertarik deh. Tapi yg ngebuat aku jadi penasaran akan ceritannya, gimana nantinya hubungan Orin-Berlyn, kalo si Berlyn aja udah punya bini plus baby... apakah Orin Jadi bini season 2?--hehe

    Tiga. Aku suka sekali baca cerita cinta, yg menggunakan persoalan 'Sayangnya kadang, lagi-lagi cinta bukannya datang karena terbiasa, kan?' kalo dalam pepatah jawa:'Witing Tresna jalaran saka kulino'


    Nama : Mega Widyawati
    Email : @widy4_w
    Link Share : https://mobile.twitter.com/Widy4_W/status/688289532207206400?p=v

    BalasHapus
  8. Nama : Amilah Rahmatunnisa
    Email : milaa_rn@yahoo.com
    Link Share : https://twitter.com/RnMilaa/status/688361413677461504

    Jawaban :

    Kamu mungkin belum membaca novel ini, tapi kira-kira menurutmu apa keseruan dari novel ini? Dan kenapa aku harus memberi satu buku ini ke kamu?

    Serunya adalah dimana seorang perempuan pendiam itu patah hati*Liat diri sendiri. Soalnya emang gak tau kenapa ya kak perempuan yg memiliki sifat pendiam itu sangat sulit untuk mengungkapkan isi hatinya pada orang lain. Al hasil orang lain tidak akan bisa menebak apakah dia sedang bersedih ataukah sedang bergembira. Sifat cewe yang satu ini sangat sulit di tebak. Karena itulah aku merasa ada chemistry yang kuat antara aku dengan Orin. Kami berdua memiliki sifat yang sama. Sepertinya aku yang paling bisa memahami perasaan Orin. Seneng banget menemukan orang yang sifatnya sama kaya aku di dalam novel :D Berasa menemukan saudara di dalam spesies yang sama hehe.

    OMG aku bener-bener kaget pas tau ternyata Berlyn itu udah punya istri dan anak. Ya ampun aku kira tuh Berlyn datang dan bisa menghapus patah hati Orin. Karena mereka berdua kan suka bertengkar kalau bertemu. Mungkin itulah awal tumbuh benih-benih cinta diantara keduanya. Berawal dari benci lalu jadi cinta. Tapi kenapa Beryln sudah punya istri dan anak? -_- Penasaran banget akan di bawa kemana nanti kisah Orin. Kan kasian dia kalau nanti akhirnya jatuh cinta sama Berlyn yang sudah jadi suami orang lain. Patah hatinya lebih besar loh daripada hanya diambil gebetannya sama sahabat sendiri. Jangan sampai Orin menjadi PRTO( Perusak rumah tangga orang lain) Karena jujur aku paling benci sama perempuan yang merebut suami orang. Menurutku perempuan seperti itu sama aja merebut kebahagiaan perempuan lain. Bagaimana kalo mereka berada di posisi perempuan itu? Pasti sangat sakit melihat suami kita bersama perempuan lain. Pokoknya aku penasaran banget sama jalan pilihan apa yang nanti akan di ambil oleh Orin? Semoga aku bisa membaca kisahnya dan semoga sebagai wanita yang memiliki sifat sama seperti Orin, aku ingin mencontoh beberapa sifatnya di dalam novel dan bisa aku aplikasikan di kehidupanku sehari-hari. Itulah alasan mengapa kakak harus memberikan buku ini :) bantu aku untuk bisa menjadi seperti Orin yang walaupun pendiam tapi cerdas berkata.

    Wish Me Luck kak ^_^

    BalasHapus
  9. Nama : Rinita
    Email : @RinitAvyy
    Link Share : https://twitter.com/RinitAvyy/status/688634284853215232

    Keseruan Novel ini, Apa yah...hmm...mungkin ceritanya menyajikan kisah
    yang nggak biasa. Melihat dari review, mulai dari kisah Orin yang
    naksir sama Puji tapi bertepuk sebelah tangan. bahkan Orin sampai rela
    kerja di proyek yang letaknya di pedalaman (padahal ini kerjaan biasa
    dilakukan oleh lelaki) dan melihat kedekatan Orin dengan Berlyn, yang
    berstatus atasan Orin yang telah menikah dan punya anak. Keseruan
    novel ini, walau aku belum baca, aku bisa ngebayanginnya...Gimana
    keseruan Orin dan Berlyn kalo bertemu dan saling ngledekin...
    Gimana perasaan terpendam Berlyn, yang terlalu sering, saling
    bertatapan, bertemu, bersapa, bercakap, bergurau dengan Orin...
    Gimana yah reaksi Orin kalo tahu Berlyn punya hati dengannya, kan
    Berlyn telah berkomitmen dan terikat janji suci...

    BalasHapus
  10. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Email : n0v4ip[at]gmail[dot]com
    Twitter : @n0v4ip
    Link share : https://twitter.com/n0v4ip/status/688653380445552640

    Dari review yang aku baca diatas, keseruan yang ku temukan adalah dibagian interaksi antara Berly dan Orin. Rasanya melihat atasan dan bawahan becanda atau adu mulut kayk gitu pasti seru dan lucu. Selain itu cerita tentang perkerjaan Orin juga seru tuh. Melihat dan mengetahui hal-hal apa saja yang ada dalam sebuah proyek. Dan kenapa mbak Siro harus memberi buku ini ke saya karena review yang mbak tulis itu buat saya penasaran akut. Di review mbak Siro menceritakan klo Berlyn itu udah punya anak satu. Nah, saya penasaran banget dengan status Berlyn ini. Sebenanrnya dia udah punya istrikah atau duda?? Dan sebenarnya apa ada kisah cinta antara Orin dan Berlyn? Klo ada, apa itu artinya Berlyn duda atau Orin bakal ngambil suami orang?? Nah lho, karena review mbak Siro saya hadi banyak berspekulasi sankin penasarannya... Hayoo mbak, situ kudu harus wajib tanggung jawab... hehe :D *peace mbak*

    Semoga berjodoh dengan giveawaynya dan terima kasih banyak ^^

    BalasHapus
  11. Nama: Manshuri Yusuf
    E-mail : manshuri.yusuf@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/manshuri_yusuf/status/688719644631302146

    * Kamu mungkin belum membaca novel ini, tapi kira-kira menurutmu apa keseruan dari novel ini?

    Sangat penasaran memang dengan novel yang satu ini, dari review yang ada tampaknya ketika membaca novel ini bukan hanya disuguhkan dengan konflik yang biasa, tetapi juga sarat akan permainan emosi, dengan kata lain saat membacanya bisa jadi sambil merasakan kesal, gregetan, dan emosi lainnya sepanjang cerita.

    Tentunya novel dengan gaya bahasa yang ringan semakin merasa mengalir untuk berusaha menuntaskannya. Walaupun dalam review disebutkan bahwa dalam ending terkesan tergesa-gesa, sepertinya membaca novel ini tetaplah menarik dan membuat enjoy.

    * Dan kenapa aku harus memberi satu buku ini ke kamu?
    Terlanjur penasaran bagaimana ceritanya :D Apakah kemudian Orin akhirnya mendapatkan
    Puji?, atau bagaimanakah nasib Pak Berlyn dan Sunu?
    Ah, pokoknya penasaran deh :D

    BalasHapus
  12. nama: Aulia
    email: auliyati.online@gmail.com
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/689018585096704000

    Kamu mungkin belum membaca novel ini, tapi kira-kira menurutmu apa keseruan dari novel ini? Dan kenapa aku harus memberi satu buku ini ke kamu?

    Dari reviewnya keseruan novel ini yang bikin aku tertarik membacanya dan ingin tahu lebih banyak adalah interaksi Orin dan Berlyn. Awalnya agak kecewa tahu Berlyn ternyata sudah menikah, tapi dari situ sepertinya bisa menjadi cerita yang seru. Apa ada kemungkinan ya mereka berdua jadi saling jatuh cinta?
    Nah itu deh yang bikin novel ini seru dan aku tertarik mau baca. Karena itu mba harus kasih buku ini ke aku, ya yaa! :D

    BalasHapus
  13. Nama: Cahya
    Email: cahyasptm@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/chynrm/status/689118194703798272

    Sebuah kemiripan bahkan persamaan seringnya membuat seseorang overwhelmed dan intersted. Orin dan aku punya kemiripan. Sama-sama bodoh karena pernah menyukai seseorang yang banyak orang bilang kalau dia tu nggak bagus ehehe. Sayangnya, aku nggak punya sosok seperti Berlyn di sini xDDD
    Itu yang membuat aku tertarik. Semudah apa Orin bisa melupakan Puji dan move on pada orang lain yang lebih baik? :)

    BalasHapus
  14. Nama : Ken
    Email : kenastridd@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/orion____/status/689120646182367232

    Q1 : Kamu mungkin belum membaca novel ini, tapi kira-kira menurutmu apa keseruan dari novel ini?
    A1 : Hubungan Orin dan Berlyn yang mirip Tom&Jerry. Kalau ketemu rasanya bakalan adu mulut terus, padahal yakin banget deh kalau salah satunya nggak ada pasti bakalan dicariin hahaha~ nggemesin yet cute! #halaaaah Selain ituㅡkalau benar Orin dan Berlyn berjodoh dalam buku iniㅡusia keduanya terpaut jarak yang cukup jauh ya? 10 tahun! Jarang-jarang saya baca buku yang couple-nya beda usia jauh begini, rasanya cerita asmara mereka bakalan lain dari buku yang lain juga :D

    Q2 : Dan kenapa aku harus memberi satu buku ini ke kamu?
    A2 : Penasaran sama akhir cerita Orin dan Berlyn, Kak. Dari cover-nya juga saya sempat mikir ini bukunya bakalan beraura 'kelam'ㅡefek guguran daun dan tatapan Orin yang senduㅡeh taunya setelah baca review Kak Siro, kok kayanya bukunya malah semacam bergenre romance comedy gini haha! Jadi makin penasaran lagi deh :D Trus juga rencananya, setelah dibaca nanti bakalan saya buatkan review di blog gitu, Kak. Jadi sepertinya nggak salah deh kalau Kak Siroㅡbersediaㅡngasih bukunya buat saya hihihihihihihi~ /ketawa aneh/

    Thank's Kak Siro buat GA-nya! Sukses selalu ^^

    BalasHapus
  15. nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    email : maimun_ridlo@yahoo.com
    akun twitter : @MukhammadMaimun
    link share : https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/689126324967833600

    Kamu mungkin belum membaca novel ini, tapi kira-kira menurutmu apa keseruan dari novel ini? Dan kenapa aku harus memberi satu buku ini ke kamu?

    1). Covernya eye cathy banget,..
    2). Kisah cita segitiga yang selalu menggoda
    3). Banyak konflik2 yang kelihatanya penuh intrik dan menarik..
    4). pengen kenalan sama Orin
    5). Istilah2 bidang pembangunan. apaan tuh ??

    BalasHapus
  16. Kamu mungkin belum membaca novel ini, tapi kira-kira menurutmu apa keseruan dari novel ini? Dan kenapa aku harus memberi satu buku ini ke kamu?

    Menurutku keseruan dari novel ini adalah saat melihat dan merasakan perasaan Orin yang bercampur aduk dan serba salah saat menyadari kalau dia menyukai Berlyn selaku atasannya yang, harap di garis bawahi dan di bold, sudah punya istri dan anak. Melihat sang tokoh tama cewek yang menderita dalam novel menimbulkan suatu kesenangan sendiri bagiku. Hahaha *reader edan.

    Dan kenapa aku harus mendapatkan buku ini.., karena aku suka sekali dengan tema yang diangkat. Seorang atasan yang sudah beristri dan beranak yang masih saja ganjen pada bawahannya dan membuat bawahannya jatuh cinta beneran sama dia. Selain itu aku udah lama penasaran sama novel ini, pernah liat di wattpad tapi belum sempet baca. So sadd :'(. Satu alasan lagi, daftar buku bacaanku lagi kosoongg.

    Nama : Faiz Istighfara
    Email : faiz.istighfara@gmail.com
    Link share :https://twitter.com/lisyaann/status/689117050208309248

    BalasHapus