Kamis, 12 Desember 2013

Simple Thinking about Blood Type

Judul: Simple Thinking about Blood Type
Penulis: Park Dong Sun
Genre: Komik, Pengembangan Diri
Penerbit: Haru
Jumlah Halaman: 278 halaman.
Tahun Terbit: 2013


Simple Thinking about Blood Type adalah komik cetak diangkat dari webtoon (merupakan komik yang didistribusikan lewat jaringan internet-http://indowebtoon.wordpress.com/) yang menceritakan kepribadian seseorang lewat golongan darah. Penulis terinspirasi menulis komik ini dari obrolan bersama teman-temannya. Setelah menulis komik, akhirnya penulis mulai mencari tahu segala macam yang berhubungan dengan golongan darah seperti yang dituturkan dalam prakata. Atau dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa tulisan dalam komik ini merupakan hasil observasi dari si penulis.

Komik ini berisi berbagai karakter dan cerita unik dari berbagai golongan darah. Diawali dengan pengenalan karakter dari darah A, B, O, dan AB. Karakter darah A yang taat pada keteraturan dan peduli terhadap lingkungan akan bertolak belakang dengan karakter darah B yang tidak suka dikekang, atau karakter darah O yang suka mengatur serta golongan darah AB yang merupakan gabungan karakter A dan B. Kehidupan sosial dari orang-orang yang berbeda golongan darah ini pun diceritakan dan bagaimana keterkaitannya satu sama lain.


Golongan darah A yang penyayang akan khawatir bila isi hatinya diketahui oleh orang lain. Makanya tipe A ini cenderung tertutup dan membuat orang lain bertanya-tanya tentang isi hatinya. Tak jarang karena sifatnya ini si A akan membuat orang salah paham. Golongan darah B yang melakukan apapun berdasarkan apa yang ia sukai membuat ia cuek terhadap lingkungan sekitarnya. Orang-orang menganggap darah B ini plin-plan dan tidak sopan. Namun, karena sikapnya yang blak-blakan si B ini kesehatan mentalnya terbaik di antara golongan darah yang lain. Tipe O yang kompetitif, memiliki semangat juang yang kuat, fokus terhadap satu tujuan. si O akan kehilangan semangatnya ketika tujuan itu kabur. AB dicap si usil dan aneh, selalu objektif dan mengatakan apa yang diinginkannya. Terkadang orang menganggap si AB ini dingin. Dengan berbagai kepribadian yang berbeda ini, bayangkan apa yang terjadi jika mereka ada dalam satu tempat. Ketika mereka dihadapkan pada satu kasus yang sama, bagaimana mereka mengatasinya?. Dan banyak hal lainnya dalam komik ini yang mengajarkan kita memahami orang lain dari segi golongan darahnya.

Simple Thinking about Bood Type ini membuat pembaca khususnya saya diajak memahami karakter orang yang berbeda dan bagaimana menghadapi perbedaan tersebut. Juga, diajak memahami sifat-sifat orang dari sudut pandang orang tersebut. Webtoon ini meski tiap karakter digambarkan sama di tiap halaman dengan bentuk bulat, kepala gede, dan terpasang jenis golongan darah di mukanya, gak membuat bosan unuk dibaca dan pindah ke halaman berikutnya. Dan ketika menceritakan karakter dari tiap golongan darah ini tidak hanya berisi kalimat-kalimat, tapi juga berisi ilustrasi dari sifat tersebut. Sehingga tanpa membaca kalimatnya pun, cukup dengan melihat gambar dapat menyimpulkan sendiri.

jadi sifat saya... (tebak ^_^)


Untuk animasi karakter dari komik ini penuh warna (full colour), tidak hitam putih seperti komik kebanyakan. Kertas cetakannya pun cukup tebal, ukuran huruf meski kecil mudah terbaca untuk ukuran orang seperti saya (berkacamata, minus 4 xD ). Tiap perpindahan bagian pasti diisi oleh satu halaman judul bagian itu dan ilustrasi dari karakter golongan darah. Salah satu bagian yang saya suka dari buku ini adalah daftar isinya. Di halaman ini ada ilustrasi karakter B yang lagi tidur-tiduran, karakter O yang lagi duduk santai.
Bagian yang cukup membuat bingung adalah bagian diary bergambar si cowok gila. Jadi sepertinya di buku ini ada dua bagian. Bagian pertama kisah tentang karakter golongan darah dan bagian kedua kisah si cowok gila ini (entah siapa cowok gila ini-------mungkin si penulis, karena si penulis di cyworld menggunakan nama "realcrazyman" tapi masih butuh konfirmasi siapakah si cowok gila ini xD). Nah, di bagian diari ini ilustrasinya ada beberapa bagian yang gelap (mungkin karena menggambarkan perasaan si cowok gila ini juga kali, ya) Seperti di diary 08, diary 15. Berbeda dengan bagian pertama yang terang-benderang penuh warna.  Ada bagian yang cukup menyentuh di diary 27, seperti ini katanya:
Telur itu, jika dipecahkan dari luar akan menjadi omelet. Jika dipecahkan dari dalam, akan menjadi burung- inilah yang dikatakan oleh Prof.Byeongcheol. Aku akan mengingatnya

Dari keseluruhan cerita, komik ini menarik dan bagus dibaca untuk setiap orang yang ingin memahami sifat dan karaker orang lain lebih jauh melalui golongan darah mereka. Meski sifat dan karakter tidak selalu ditentukan golongan darah (ini diakui penulis di halaman 195), tapi setidaknya dengan memahami karakter orang lain juga membuat kita menjalin hubungan baik dengan mereka. Seperti kata penulis, 
Aku tidak berpikir bahwa di dunia ini hanya ada golongan darah A, B, O, dan AB saja. Namun melalui Simple Thinking about Blood Type ini, aku ingin mengatakan bahwa "kita semua berbeda satu sama lain". Karena itu, kita harus memahami satu sama lain.



Keep reading for rest of your life :)
Rating: 4/5 

Gambar dari: Webtoon Naver









2 komentar:

  1. hahaha jadi ngakak pas baca bagian si cowok gila, siapakah dia XD kayaknya komiknya lucu ya, suka sama covernya juga :)

    BalasHapus
  2. iya, nih. masih bingung entah siapa dia. Diary-nya si cowok gila ini lucu juga sebenarnya meski agak gelap gitu ilustrasinya. :).

    BalasHapus